Open top menu
Rabu, 29 April 2015


Kalimat dzikir مَا شَاء اللَّهُ memang dianjurkan bagi setiap muslim jika melihat sesuatu hal yang luar biasa sesuai firman Allah dalam surat Al-Kahfi ayat 39 :


Namun seiring berjalannya waktu ada sedikit pertentangan dalam menuliskan latin dari kalimat مَا شَاء اللَّهُ ada yang menulis masyaAllah dan adapula mashaAllah. 
Lalu mana yang benar diantara keduanya?
jawabannya keduanya benar, namun, karena kita tinggal di Indonesia, maka penulisan latin yang benar adalah MasyaAllah atau MaasyaAllaah sebab sesuai dengan Pedoman alih bahasa arab ke latin. Tetapi karena ini hanya penulisan saja, ada baiknya kita tidak mempermasalahkan hal ini selama dalam membaca kalimat hijaiyahnya benar yaitu dengan pedoman seperti pada video di bawah ini :



Jadi, pada intinya masyaAllah adalah cara mengucapkannya, sebab huruf sya atau syin dibaca dengan bibir agak monyong dan menghasilkan huruf ya tersamar. Namun untuk penulisannya sendiri silahkan mau sesuai dengan alih bahasa arab ke latin inggris atau sesuai dengan alih bahasa arab ke Indonesia, yang penting kita benar dalam membacanya, sebab dalam bahasa arab sangatlah teliti, berbeda makhroj maka berbeda arti.

Sekian dan terima kasih, mohon maaf apabila ada kesalahan.
Tagged
Different Themes
Ditulis Oleh Akmil Ibnu Sobari

Disini penulis tidak bermaksud untuk mengajari, tetapi bermaksud berbagi agar bisa diamalkan bersama-sama. Syukron, Jazakallahu Khoiron Katsiron

0 komentar